img_head
BERITA

PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA MELAKSANAKAN PEMERIKSAAN NARKOBA TERHADAP PEGAWAINYA

Okt02

Konten : berita umum
Telah dibaca : 64 Kali


Pada hari Senin Senin, tanggal 2 Oktober 2017, pukul 09.00 WIB, Pengadilan Tinggi Yogyakarta menyelenggarakan pemeriksaan Narkoba dengan simple urine yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Daerah Provinsi Yogyakarta. Penyelenggaraan pemeriksaan Narkoba tersebut dihadiri oleh pejabat dan staf BNN Daerah Yogyakarta, Aris Subagyo, S.Sos, (Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (Kasi Dayamas), Sudiyono, Santy Dwi Kristina, SKM, Lisa Sunaryo, S.Psi., Andhika Partiwi, S.Sos., M. Hendra T, Staf BNN Daerah Yogyakarta, Hakim Tinggi, Hakim Ad Hoc, Hakim Yustisial,  Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, dan seluruh staf pada Pengadilan Tinggi Yogyakarta.

Sebelum  pelaksanaan pemeriksaan narkoba dengan simple urine, seluruh pegawai pada Pengadilan Tinggi Yogyakarta dimohon berkumpul di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Yogyakarta untuk mendapat pengarahan, tata cara, dan prosedur pengambilan simple urine tersebut. Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Setyawan Hartono, S.H., M.H., menyampaikan sambutan yang pada pokoknya meerangkan bahwa peeriksaan narkoba ini sebagi tindaklanjut dari Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 688/DJU/KP.05.1/7/2017, tanggal 31 Juli 2017, Perihal Perintah untuk melaksanakan Pemeriksaan Narkoba. Lebih lanjut, Waka PT Yogyakarta menjelaskan bahwa bagi pegawai yang mengkomsumsi obat karena menderita penyakit dan pemeriksaan tersebut dinyatakan positif hendaknya dikecualikan sebab mereka minum obat sesuai perintah dokter untuk menyebmbuh penyakit yang dideritanya;

Selanjutnya petugas dari BNN Daerah Yogyakarta menyampaikan prosedur dalam pengambilan simple urine, yaitu pertama, peserta supaya mengisi daftar hadir; kedua, peserta mengisi formulir yang berisi nama, alamat, jabatan, serta keterangan mengenai obat yang dikomsumsi bagi yang peserta yang mengkomsumsi obat seminggu terakhir; ketiga, peserta dimohon mengambil pot (tempat urine); keempat,  peserta mengambil urine. Petugas BNN berpesan supaya pot urine sama dengan daftar hadir.

Pelaksanaan pemeriksaan narkoba diakhiri dengan pengambilan simple urine oleh para peserta yang selanjutnya untuk diserahkan kepada petugas BNN Daerah Yogyakaarta. (kp/ti).

  • Galeri