img_head
BERITA

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 89 TAHUN 2017

Okt27

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 55 Kali


Pengadilan Tinggi Yogyakarta, pada hari Jumat, tanggal 27 Oktober 2017, pukul 08.00 WIB menyelenggarakan Upacara  Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 89 Tahun 2017 di halaman parkir sebelah Timur Gedung Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Upacara tersebut diselenggarakan bersama dengan Pengadilan Militer Yogyakarta yang dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pegawai Pengadilan Tinggi Yogyakarta, serta Pejabat dan pegawai Pengadilan Militer Yogyakarta. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Setyawan Hartono, S.H., M.H dan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Sekretaris Pengadilan Militer Yogyakarta, Mayor CHK Handoko, S.H.

Upacara Hari Sumpah Pemuda tahun ini diselenggarakan secara Nasional sebagaimana Surat Edaran Menteri Pemuda Dan OLahraga Nomor 10.13.1/MENPORA/DII/X/2017 tentang Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 89 Tahun 2017, tanggal 13 Oktober 2017.

Upacara diawali dengan Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara, Pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Keputusan Konggres Pemuda Indonesia 1928, Pembacaan Amanat Menteri Pemuda Dan Olahraga, dan pembacaan doa.

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta selaku Pembina Upacara membacakan Pidato Menteri Pemuda Dan Olahraga yang mengambil tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”. Pada naskah pidato tersebut pada pokoknya menyampaikan pasan bahwa kita patut meneladani langkah-langkah dan keberanian pemuda-pemuda pendahulu kita yang mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Sekalipun mereka (para pemuda dahulu) berbeda agama, suku, dan berasal dari pulau-pulau terjauh Indonesia namun mereka dapat hadir dan berkumpul pada Konggres Pemuda untuk mengikarkan  diri sebagai satu nusa, satu banngsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia. Dengan kemudahan teknologi dan sarana transfortasi pada saat ini seharusnya lebih mudah buat kita untuk berkumpul, bersilaturahim dan berinteraksi sosial bukan sebaliknya kita sering berselisih paham, mudah sekali memvonis orang, mudah sekali berpecah belah, saling mengutuk satu dengan yang lain, menebar fitnah dan kebencian. Itulah antara lain pesan-pesan Menteri Pemuda Dan Olahraga pada Upacara Sumpah Pemuda Ke 89 Tahun 2017 tahun ini. (kp/ti)

  • Galeri